6 Kumpulan Tanaman Air yang Mudah Untuk Dirawat

Tanaman air adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh di lingkungan air, seperti taman air, kolam, atau taman kolam.

Selain itu, tanaman air juga dapat membantu menjaga kualitas air dengan menyerap nutrien yang tidak diinginkan dan mengurangi konsentrasi karbon dioksida.

Tanaman air juga dapat digunakan sebagai habitat untuk berbagai jenis ikan dan binatang air lainnya. Beberapa jenis ikan yang dapat hidup di lingkungan tanaman air adalah ikan koi, ikan mas, dan ikan guppy.

Jenis-Jenis Tanaman Air

Berikut daftar jenis tanaman air yang mudah untuk dirawat.

1. Tanaman Eceng Gondok

Eceng gondok adalah jenis tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Tumbuhan ini memiliki batang yang cukup besar dan memiliki daun yang rindang.

Daunnya berwarna hijau dan dapat mencapai panjang hingga 3 meter. Eceng gondok juga memiliki bunga yang indah dan berwarna putih atau merah.

Tumbuhan ini umumnya tumbuh di rawa-rawa atau di daerah yang lembab. Tumbuhan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di taman atau di halaman rumah.

2. Tanaman Melati Air

Tanaman melati air adalah jenis tumbuhan yang dapat hidup di air atau di daratan yang lembab.

Tumbuhan ini memiliki daun yang rindang dan hijau. Daunnya berbentuk bulat dan dapat mencapai panjang hingga 20 cm.

Melati air juga memiliki bunga yang indah dan berwarna putih atau merah. Bunga ini akan muncul dari tangkai yang berasal dari dasar daun.

Tanaman ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di taman air atau kolam renang. Tumbuhan ini juga dapat ditanam di pot dan di bawa di dalam ruangan.

3. Tanaman Teratai

Tanaman Teratai atau Nymphaea adalah jenis tumbuhan air yang berasal dari keluarga Nymphaeaceae. Tumbuhan ini dikenal karena bunga yang sangat indah dan mencolok.

Tumbuhan ini memiliki batang yang tegak dan daun yang rindang yang berwarna hijau. Daunnya dapat mencapai panjang hingga 90 cm dan berbentuk bulat atau elips.

Teratai memiliki bunga yang besar, berwarna putih, kuning, merah, atau pink yang mekar di malam hari dan akan layu di pagi hari.

Bunga-bunga ini dapat mencapai diameter hingga 30cm. Tumbuhan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman hias di kolam renang, taman air, atau taman bahari.

Teratai juga dapat ditanam di pot dan di bawa di dalam ruangan, namun perlu diperhatikan bahwa tumbuhan ini memerlukan cukup cahaya dan air yang selalu basah.

4. Tanaman Kapu-kapu

Tanaman Kapu-kapu atau dikenal dengan nama ilmiah Colocasia esculenta adalah jenis tumbuhan yang berasal dari daerah tropis dan subtropis.

Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Araceae. Tanaman ini dikenal karena umbi yang dapat dimakan. Umbi ini memiliki rasa yang manis dan lembut.

Tumbuhan ini memiliki daun yang rindang dan besar, daun ini berwarna hijau dan dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter.

Tumbuhan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tanaman pangan, dan umumnya ditanam di sawah. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias di taman atau di halaman rumah.

Namun perlu diingat, sebelum digunakan sebagai bahan makanan, umbi kapu-kapu harus diolah dengan benar karena dapat mengandung senyawa beracun.

5. Tanaman Kala Lili

Tanaman Kala Lili atau dikenal dengan nama ilmiah Alocasia macrorrhiza adalah jenis tumbuhan yang berasal dari daerah tropis Asia.

Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Araceae. Tumbuhan ini dikenal karena daunnya yang besar dan unik.

Daun Kala Lili memiliki bentuk yang besar dan berwarna hijau gelap. Daun dapat mencapai panjang hingga 1,5 meter dan lebar hingga 1 meter.

Tumbuhan ini juga memiliki batang yang tegak dan berwarna coklat gelap. Tumbuhan ini sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Namun perlu diperhatikan bahwa tumbuhan ini memerlukan cukup cahaya dan kelembaban yang tinggi.

6. Tanaman Amazon Frogbit

Tanaman Amazon Frogbit atau Limnobium laevigatum adalah jenis tumbuhan air yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan.

Tumbuhan ini termasuk dalam keluarga Hydrocharitaceae. Tumbuhan ini dikenal karena daun yang rindang dan kecil yang berwarna hijau.

Daun dapat mencapai panjang hingga 5 cm dan lebar hingga 3 cm. Tumbuhan ini juga memiliki batang yang pendek dan tidak terlihat.

Tumbuhan ini sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias di kolam renang, taman air, atau akuarium.

Tumbuhan ini juga dapat digunakan sebagai tanaman filtrasi air karena dapat menyerap nutrisi yang ada di air.

Leave a Comment