10 Tanaman Dalam Ruangan yang Menghasilkan Udara Segar

Tanaman dalam ruangan adalah tanaman yang ditanam dan dipertahankan di dalam ruangan atau di dalam pot.

Tanaman dalam ruangan biasanya digunakan sebagai tanaman hias atau untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Ada banyak jenis tanaman dalam ruangan yang tersedia, dengan ukuran, bentuk, dan warna yang beragam.

Beberapa tanaman dalam ruangan membutuhkan cahaya matahari langsung, sementara yang lain lebih senang dengan cahaya yang redup.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan air dan nutrisi tanaman, serta menjaganya agar terhindar dari serangga dan penyakit.

10 Tanaman Dalam Ruangan Terbaik

Berikut ini 10 daftar tanaman dalam ruangan yang bikin betah ketika berada di rumah :

Tanaman Monstera Deliciosa

Tanaman Monstera Deliciosa
Sumber: Pinterest.com

 

Monstera deliciosa adalah tanaman dalam ruangan yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika Tengah dan Selatan.

Daunnya berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong dengan lubang-lubang di bagian tengahnya. Bunga-bunga kecil yang berwarna kuning terang akan tumbuh dari batang.

Tanaman ini membutuhkan cahaya yang redup dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung, serta harus disiram secara teratur tetapi tidak terlalu sering agar tidak terjadi kelembaban yang berlebihan.

Monstera deliciosa sangat populer sebagai tanaman dalam ruangan karena dapat menyaring udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Tanaman Aglaonema Merah

Tanaman Aglaonema Merah
Sumber: Instagram.com

 

Aglaonema merah adalah jenis tanaman dalam ruangan yang terkenal karena warna merah cerah daun-daunnya. Aglaonema merupakan tanaman semak yang tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi hingga 2 kaki.

Daunnya berwarna hijau tua dengan tepi merah yang cerah. Aglaonema merah membutuhkan cahaya yang redup dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Aglaonema merah sangat cocok untuk ditanam di dalam pot dan dapat ditempatkan di berbagai macam tempat, seperti di meja atau di atas rak.

Tanaman Kopi

Tanaman Kopi
Sumber: Hipwee.com

 

Tanaman kopi dapat tumbuh menjadi pohon yang tinggi, dengan batang yang kokoh dan daun yang lebat.

Tanaman kopi tumbuh terbaik di daerah dengan iklim tropis, dengan curah hujan yang cukup tinggi dan suhu yang cenderung stabil.

Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari langsung, namun tidak boleh terpapar terlalu lama untuk menghindari kekeringan.

Tanaman Pilea

Tanaman Pilea
Sumber: abeautifulmess.com

Pilea peperomioides adalah tanaman hias yang populer karena mudah perawatannya dan bentuk daunnya yang unik.

Daun-daunnya berwarna hijau tua dengan tepi putih keperakan, dan tumbuh dari batang yang ramping dan tidak berambut.

Tanaman ini juga mudah berkembang biak dengan cara menanam anakan dari batangnya. Tanaman pilea peperomioides sangat mudah dijumpai di toko tanaman hias.

Tanaman Begonia

Tanaman Begonia
Sumber: Pinterest.com

Begonia adalah genus tumbuhan yang terdiri dari lebih dari 1.800 spesies yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Asia.

Begonia dapat tumbuh sebagai tanaman pokok, semak, atau terpendam di tanah. Ada begonia yang tumbuh dengan baik di dalam ruangan, sementara ada yang tumbuh dengan baik di luar ruangan.

Begoni membutuhkan tanah yang subur dan terus basah, namun tidak boleh terlalu lembab. Tanaman ini juga membutuhkan pemupukan secara teratur agar tumbuh dengan subur.

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya
Sumber: flickr.com

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau tua. Tumbuhan ini asli dari Australia, namun sekarang banyak tumbuh di daerah tropis lainnya di dunia.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu penyembuhan luka, mengurangi peradangan, dan menjaga keseimbangan air dalam kulit.

Lidah buaya juga sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit dan rambut, karena dapat melembabkan dan menenangkan kulit yang iritasi.

Tanaman Gerber Daisy

Tanaman Gerber Daisy
Sumber: Instagram.com

 

Gerbera daisies adalah tanaman bunga asli dari Afrika Selatan. Bunga ini adalah pilihan yang populer untuk kebun dan sebagai bunga potong karena mekar besar dan warna-warninya yang indah.

Tanaman Gerbera datang dalam beragam warna, termasuk merah, orange, kuning, pink, dan putih.

Cara menjaga Tanaman Gerbera sehat, pastikan untuk menanamnya di tempat yang memiliki tanah yang dapat drenase dengan baik dan terkena sinar matahari penuh.

Bunga Krisan

Bunga Krisan
Sumber: kauaiseascapesnursery.com

Bunga Krisan merupakan pilihan yang populer sebagai bunga potong dan sering digunakan dalam rangkaian bunga untuk pernikahan, pesta, dan acara lainnya.

Tanaman ini membutuhkan sedikit perawatan, namun perlu diberi air secara teratur agar tanahnya tidak kering.

Krisan juga membutuhkan pupuk setiap beberapa minggu untuk tumbuh dengan sehat. Ketika tumbuh, bunga krisan akan menghasilkan bunga-bunga besar dan cerah yang akan memeriahkan kebun atau tempat di rumahmu.

Tanaman Bunga Perdamaian

Peace Lilies

Tanaman bunga perdamaian, juga dikenal sebagai Spathiphyllum, adalah jenis tanaman bunga asli Amerika Tengah dan Selatan.

Tanaman bunga perdamaian memiliki daun hijau tua yang panjang dan bunga putih berbentuk spathe yang mirip dengan bunga lili kala.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman bunga perdamaian dapat membawa sentuhan alam dan sedikit warna hijau ke ruangan dalam apa pun.

Tanaman Karet Merah

Tanaman Karet Merah

Karet Merah dikenal karena menghasilkan getah karet yang banyak digunakan dalam industri karet, produk kesehatan, dan banyak produk lainnya.

Tanaman karet merah memiliki daun yang besar dan rindang serta bunga merah terang yang indah, dapat tumbuh hingga ketinggian 100 kaki.

Tanaman karet merah memerlukan perawatan yang cukup, termasuk pemangkasan rutin untuk mempertahankan bentuk yang sehat dan pemupukan secara teratur untuk memastikan pertumbuhan yang sehat.

Penutup

Nah, diatas adalah tanaman yang bisa kamu pelihara di dalam ruangan. Selain membuat udara lebih segar, tampilan ruangan pun menjadi lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pecinta tanaman dan lingkungan.

Leave a Comment