10 Tanaman Pagar yang Wajib Ada di Pagar Rumah

Tanaman Pagar – Apakah kamu ingin tahu tentang jenis-jenis tanaman pagar atau cara merawat tanaman pagar? Atau ada pertanyaan lain tentang tanaman pagar yang ingin kamu tanyakan?

Tanaman pagar adalah tanaman yang ditanam di sekitar tepi atau batas suatu area, biasanya di kebun atau di sekitar rumah, dengan tujuan untuk mengelilingi atau membatasi area tersebut.

Tanaman pagar dapat berupa semak, pohon, atau tanaman lain yang tumbuh tegak dan memiliki batang yang kuat.

Tanaman pagar bisa digunakan untuk melindungi tanaman atau binatang di dalamnya, menjaga privasi, atau sebagai hiasan di pagar.

10 Tanaman Pagar Cocok untuk Hiasan

Berikut adalah 10 tanaman pagar yang dapat kalian gunakan untuk menghias taman atau terlihat indah dilihat :

Mawar

Tanaman Mawar

Mawar adalah salah satu jenis tanaman bunga yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia.

Mawar tumbuh sebagai semak atau pohon kecil dengan daun yang berwarna hijau tua dan bunga yang berwarna merah, pink, kuning, atau putih.

Mawar membutuhkan cahaya matahari yang cukup, tanah yang subur, dan air yang teratur untuk tumbuh dengan baik.

Mawar juga perlu dipangkas secara teratur agar tidak tumbuh terlalu besar dan membentuk bentuk yang indah.

Tanaman Bambu

Tanaman Bambu
Sumber: balconygardenweb.com

Tanaman Bambu adalah salah satu jenis tanaman yang sering ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman hias. Bambu tumbuh sebagai semak atau pohon kecil dengan batang yang kuat dan tipis.

Tanaman Bambu memiliki daun yang hijau tua dan tumbuh dengan cepat, sehingga sering digunakan sebagai tanaman pagar untuk mengelilingi atau membatasi area.

Jika kamu tertarik untuk menanam bambu di kebun atau taman rumah Anda, pastikan untuk memilih jenis bambu yang tepat sesuai dengan iklim di daerah kamu dan memberikan perawatan yang tepat agar tanaman ini dapat tumbuh dengan sempurna.

Bunga Soka

Bunga Soka
Sumber: Pinterest.com

Bunga soka adalah salah satu jenis bunga yang tumbuh di Indonesia. Bunga ini memiliki kelopak yang berwarna merah atau kuning cerah dan memiliki bentuk yang indah.

Bunga soka memiliki aroma yang harum dan sering digunakan sebagai tanaman hias pada acara-acara spesial seperti pernikahan atau ulang tahun.

Jika kamu tertarik untuk menanam bunga soka di kebun atau taman rumah Anda, pastikan untuk memilih jenis bunga soka yang tepat sesuai dengan iklim di tempatmu.

Lidah Mertua

Lidah Mertua
Sumber: decorfacil.com

Lidah mertua (Boehmeria nivea) adalah tanaman yang termasuk ke dalam famili Urticaceae. Tanaman ini tumbuh secara liar di hutan-hutan di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Amerika Selatan.

Lidah mertua memiliki daun yang rata dan tajam serta mengeluarkan getah yang tidak enak jika terluka atau terjepit.

Tanaman ini biasanya tumbuh hingga ketinggian sekitar 1-2 meter, dengan daun yang berwarna hijau tua dan berukuran panjang hingga 30 cm.

Lidah mertua telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional di beberapa negara sebagai obat untuk berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit, sakit kepala, dan masalah pencernaan.

Kembang Sepatu

Kembang Sepatu
Sumber: Tanamanhias.id

Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah tanaman semak dengan bunga-bunga indah yang sering ditanam sebagai tanaman hias di kebun-kebun dan taman-taman.

Kembang sepatu dikenal dengan nama lain seperti bunga kembang sepatu, bunga penghibur, dan bunga hati.

Warna bunga kembang sepatu bervariasi, dengan warna seperti merah, oranye, kuning, ungu, dan pink.

Bunga kembang sepatu hanya tahan selama satu hari, namun tanaman ini akan terus menghasilkan bunga-bunga baru sepanjang musim panas.

Tanaman Pagar Boxwood

Tanaman Pagar Boxwood
Sumber: Instagram.com

Boxwood (Buxus spp.) adalah tanaman semak yang sering ditanam sebagai tanaman pagar di kebun-kebun dan taman-taman. Tanaman ini termasuk dalam famili Buxaceae dan berasal dari wilayah hutan di Eropa, Asia, dan Afrika.

Boxwood terkenal karena tumbuh dengan cepat dan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk yang unik, sehingga sering digunakan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias.

Boxwood tumbuh hingga ketinggian sekitar 1-3 meter, dengan daun yang berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong. Tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan tahan terhadap cuaca buruk, sehingga sering digunakan sebagai tanaman pagar di daerah yang dingin.

Tanaman Cemara Kipas

Tanaman Cemara Kipas
Sumber: mundolusiada.com.br

Cemara kipas (Ulmus parvifolia) adalah salah satu jenis pohon cemara yang sering ditanam di taman-taman dan kebun-kebun. Tanaman ini termasuk dalam famili Ulmaceae dan berasal dari wilayah hutan di Asia Tenggara.

Cemara kipas terkenal karena tumbuh dengan cepat dan memiliki daun yang berbentuk kipas, sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias atau pohon pagar.

Cemara kipas juga membutuhkan tanah yang subur dan cukup tergenang air, tetapi tidak boleh terlalu basah.

Tanaman Bambu Kuning

Tanaman Bambu Kuning

Bambu kuning (Phyllostachys aurea) adalah tanaman bambu yang berasal dari Tiongkok. Ini adalah salah satu jenis bambu yang paling terkenal di dunia karena batangnya yang berwarna kuning terang.

Bambu kuning tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi hingga 30 kaki atau lebih. Daunnya berwarna hijau tua dan terletak pada ujung batang.

Bambu kuning sangat tahan terhadap kekeringan dan sangat cocok untuk tanaman taman atau pagar.

Tanaman Alamanda

Tanaman Alamanda
Sumber: flickr.com

Alamanda (Allamanda cathartica) adalah tanaman semak yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini dikenal karena bunga-bunga berwarna kuning terang yang tumbuh pada tanaman tersebut.

Alamanda tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi hingga 10 kaki. Daunnya berwarna hijau tua dan terletak pada batang yang berambut.

Tanaman ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman publik dan perumahan.

Tanaman Daun Dolar

Tanaman Daun Dolar

Daun dolar (Fatsia japonica) adalah tanaman semak yang berasal dari Jepang. Daun dolar dikenal karena daun-daunnya yang besar dan berbentuk seperti dolar Amerika Serikat.

Daun dolar tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai tinggi hingga 15 kaki. Daun-daunnya berwarna hijau tua dengan tepi yang bergerigi.

Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah subtropis yang memiliki iklim yang lembab dan panas. Daun dolar sangat tahan terhadap kekeringan dan cocok untuk ditanam di taman atau di pot.

Penutup

Nah, itulah tamanan pagar yang bagus untuk mempercantik rumah. Tentunya selalu ingat untuk merawat tanaman yang kita rawat agar pertumbuhannya terjaga dengan baik.

Leave a Comment